pencarian cepat

Sabtu, 01 Desember 2012

Korek Mesin Road Race VS Drag Bike, Bedakan Posisi Seher



                                               Ketika top, pinggir seher rata dengan blok
Road race dan drag bike dua balap motor yang berbeda konsep. Road race tidak hanya butuh mesin yang kencang, tapi harus tahan. Sedangkan drag bike sekencang-kencangnya karena hanya geber 201 meter. Soal ketahanan nomer dua.

Itu yang membuat peta korekan terhadap mesin juga berbeda. Seperti ketika seting posisi pinggir seher terhadap bagian atas blok silinder. “Di road race, pinggir seher dibuat lebih mendem,” jelas Iman Santoso, mekanik Titan Speed yang langganan juara di matic race.

Menurut Iman, bibir seher harus lebih mendem antara 0,6 sampai 0,8 mm dari blok atas. “Bahkan paling minimal banget dibuat 0,5 mm,” jelas Iman yang motornya jawara kelas 150 cc di The Master of Matic Race beberapa waktu lalu di depan Gedung Sate, Bandung.

Posisi seher lebih mendem belum termasuk paking head. Paking head sendiri 0,3 mm. Jadi, totalnya lebih dalam lagi.

Antara seher dan head jaraknya dibikin jauh agar motor tahan lama. Karena pada putaran tinggi akan mengalami getaran tinggi. Kalau antara seher dan head kelewat dekat bisa bertabrakan walau sangat kecil sekali. Namun lama-lama seher rompal.

Kalau di drag bike, berbeda. Posisi seher ketika top dibuat rata dengan bibir atas blok. Tidak takut seher mentok head karena dipake hanya sebentar.

Selain itu, untuk menghindari mentok antara seheher dengan head bisa dipasang paking tebal. Misalnya menggunakan paking dari bahan tembaga. “Tebalnya bisa sampai 0,5 mm,” jelas Utomo alias Tomo dari Tomo Speed Shop.

Misalnya di Honda BeAT 155 cc milik Tomo Speed Shop. Di drag bike Jogja dua minggu lalu menyabet juara 1 sampai 5. Diborong sendiri. Posisi pinggir atas seher dibuat rata dengan blok.


                                             Ruang bakar dilengkapi nat selebar diameter seher
Namun perlu dilihat lagi. Motor-motor drag bisa dibikin rata antara puncak seher dengan blok. Desain ruang bakar yang diaplikasi berbeda. Di dalam ruang bakar terdapat nat.

Nat membuat ruang bakar seperti mendem. Nat dibuat selebar diameter seher. Sehingga membuat jarak antara seher dengan head jadi jauh. Intinya sama saja dengan road race dong.

Model ruang bakar nat seperti ini dijumpai di motor-motor balap 2-tak zaman dulu. Ketika itu masih menggunakan Yamaha Force-1, Suzuki RG-Sport dan Satria 120 2-tak.

Kalau di motor 4-tak seperti di Honda Tiger 2000. Namun di road race, model ruang bakar seperti ini tidak disukai. Katanya tidak enak dipakai. Model ruang bakar seperti ini dipakai motor-motor drag Thailand. Seperti di Ya­ma­­ha Mio Tomo Speed Shop.  (motorplus-online.com)
Baca selengkapnya »

LAMBORGHINI | SUPER PINTU MEWAH


dibawah ini kami tim OCR [oto mamia cyber racing] akan mencoba mengulas lebih mendalam dan detail lagi tentang mobil mewah elegan serta sporty sekali dari LAMBORGHINI yang memiliki pintu mewah nan artistik otomotif, dimana mobil yang satu ini sungguh sangat banyak peminatnya dan juga ragam varian model dari mobil ini yang berpintu mewah juga beraneka macam.

lamborghini memang  sudah sangat tidak asing terdengar, karena mobil otomotif super maximal dan sangat tangguh mesinnya ini sudah banyak sekali yang memilikinya. Desain futuristik dan juga banyak model mobil dengan pintu yang sangat super menarik fantastis modern otomatis dan canggih sekali pintu mobilnya. Lihat saja bersama dibawah ini.


Lamborghini Murcielago LP640 Roadster Rental Miami di atas memiliki desain body corak warna mobil putih yang hampir menutupi semua bagian mobil, dengan pintu yang sangat modern otomatis sekali serta sangat bagus dan elegan serta pintu yang bisa terbuka ke atas bukan ke samping seperti mobil-mobil pada umumnya.


Lamborghini Murcielago Tuningdi atas berwarna hitam, dengan pintu mobil yang otomatis dan elegan maximal, pintu mobil juga bisa terbuka dengan desain terbuka ke bagian arah atas.


Lamborghini Murcielago warna hijau di atas ini, memiliki fitur desain pintu mobil terbuka ke arah atas mobil, juga memiliki otomatisasi cara sistematika terbukanya mobil secara modern sangat fantastis.


Warna Hitam Mobil Lamborghini Murcielago di atas memang terkesan sangat elegan mewah, tetapi yang menarik memanbg tetap terlihat dari model pintu yang sangat bagus dengan secara otomatis bisa terbuka ke arah bagian atas.

Bagaimana sobat oto mamia cybaer racing semua saja, semoga bermanfaat semua informasi tentang mobil lamborghini di atas ini. Jadikan sebagai inspirasi dan penambah wawasan bagi kita semua. Terima kasih sudah mau berkunjung ke oto mamia.

Tag : lamborghini | super pintu mewah, mobil modern lamborghini, lamborghini
Baca selengkapnya »

CARA UNTUK TUNE UP MESIN MOTOR 2 Tak | OTOMAMIA

memang merupakan sistem mesin yang handal untuk balap dan posisi kencang dalam berkendara. dan untuk info cara tune up mesin 2 tak anda bisa langsung melihat info di bawah ini.




Cara Tune up mesin motor 2 tak, tips tune-up motor 2t. Ada beberapa teknik tune up mesin 2 tak, yang paling lazim adalah memporting ulang design port.
Memporting ulang itu juga banyak halnya diantaranya adalah:
1 Merubah tinggi port
2 Mengarahkan kembali jendela port
3 Menghaluskan saluran2 port
4 Memperbesar ukuran port
Tentunya point2 tersebut diatas harus dilakukan dengan perhitungan yang tepat agar hasilnya maksimal.

Baca selengkapnya »

MACAM-MACAM NILAI ROHANI


a. Nilai Estetika
Nilai estetika berhubungan dengan ekspresi perasaan atau isi jiwa seseorang mengenai keindahan. Setiap orang memiliki penghayatan yang berbeda terhadap keindahan. Ada orang yang penghayatan estetikanya disalurkan lewat gambar, sastra, arsitektur, tari-tarian, musik dan nyanyian, ukir-ukiran, dan tata warna. Hampir semua aspek kehidupan manusia diwarnai oleh nilai estetika. Setiap kali membeli tas, buku, dan pakaian baru, salah satu pertimbangan pilihan Anda adalah keindahan penampilannya. Bahkan, cara orang berbicara pun tidak terlepas dari unsur nilai keindahan. Simaklah ceramah atau pidato orang-orang terkenal seperti KH. Zainudin MZ dan A.A. Gym. Keindahan susunan bahasa membuat ceramah mereka disukai orang, di samping isinya juga diperhatikan. Nilai-nilai keindahan tidak dapat diukur karena bersifat relatif dan subjektif. Lain orang lain penghayatan dan penilaiannya.Sumber: Hai, 8-14 Januari 2007Gambar 2.3 Jenis-jenis musik dan nyanyian tertentu disukai banyak orang, karena dianggap indah.

b. Nilai Etika
Nilai etika adalah segala sesuatu yang menyangkut perilaku terpuji. Dalam
kehidupan sehari-hari kita sering menyebutnya dengan istilah tatakrama atau sopan-santun. Nilai etika disebut juga nilai watak atau nilai kepribadian . Nilai watak tercermin pada sikap adil, kejujuran, keberanian bertindak, dan kemampuan mengontrol diri. Misalnya, orang yang menjunjung nilai watak tidak akan mengingkari janji yang ia sepakati. Ukuran terpuji atau tidaknya sesuatu, bergantung penilaian masyarakat yang bersangkutan.  Secara umum, perilaku suka menolong dan rela berkorban demi orang lain dianggap terpuji. Anda akan mendapat pujian dari orang lain, karena telah melakukan perbuatan yang baik atau mulia. Anda akan dicela orang lain, apabila melakukan tindakan yang tercela. Hal tersebut menunjukkan, bahwa dalam pergaulan hidup bermasyarakat ada nilai etika yang berperan mengendalikan perilaku kita. Dalam berbicara, berpakaian, makan, berlalu-lintas, bertamu, dan perbuatan lainnya, semua dikendalikan oleh nilai etika.
Perlu diperhatikan, bahwa suatu perilaku yang dianggap terpuji bagi masyarakat tertentu, belum tentu dianggap terpuji bagi masyarakat lain. Ukuran etika bersifat relatif dan berhubungan dengan kebudayaan yang dikembangkan oleh masyarakat bersangkutan.

c. Nilai Keilmuan
Nilai keilmuan tercermin dalam berbagai usaha manusia mencari
pengetahuan dan kebenaran.  Misalnya, seseorang yang menyukai belajar tekun atau mengadakan penelitian, berarti dia menjunjung tinggi nilai keilmuan. Masyarakat yang warganya menjunjung tinggi nilai ini. Pada umumnya berkembang dan cepat maju. Walaupun kegiatan pendidikan dan proses belajar ada di dalam setiap masyarakat, namun nyatanya tidak semua masyarakat sama tingkat kemajuannya. Hal ini disebabkan oleh kadar penghargaan mereka terhadap nilai keilmuan tidak sama. Pikirkanlah, mengapa bangsa Jepang, Jerman, dan bangsa Barat mampu menguasai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sementara kita jauh tertinggal?

d. Nilai Religius
Nilai religius berkaitan dengan kepercayaan terhadap Tuhan. Hanya orang atheis yang tidak percaya akan adanya kekuatan Tuhan. Setiap agama dan kepercayaan meyakini adanya kekuatan Tuhan. Keyakinan itu berpengaruh terhadap perilaku manusia. Sehingga, secara umum orang berpedoman pada ajaran-ajaran yang diyakini berasal dari Tuhan. Tuhan mengajak kepada kebaikan dan keselamatan. Apabila Anda selalu berbuat baik, suka membantu sesama, tidak menyakiti orang lain, dan patuh menjalankan perintah agama dengan didasari keyakinan bahwa itu semua akan dibalas dengan pahala dari Tuhan, maka Anda telah berpedoman pada nilai-nilai religius.


Sumber : http://ssyarof.blogspot.com
Baca selengkapnya »

SYARAT TERJADINYA INTERAKSI SOSIAL


Kontak sosial yaittu hubungan sosial antara individu satu dengan individu lain yang bersifat langsungn; seperti dengan sentuhan, percakapan maupun tatap muka.

Komunikasi yaitu proses penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain yang dilakukan secara langsung  maupun dengan alat  bantu agar yang lain membeikan tanggapan atau tanggapan tertentu
Tindakan sosial yaitu upaya manusia  secara individu untuk mempertahankan  dan mengembangkan  hidupnya..
Bedasarkankan tekanan dari cara  dan tujuannya  tindakan itu dilakukan : dibagi menjadi :

Tindakan rasional instrumental yaitu tindakan yang dilakukan dengan memperhitungkan keserasian antara cara  dan tujuan.
Contoh : memilih program jurusan di SLA  dengan mempertimbangkan bakat dan minat  dan cita-cita, tindakan  rajin belajar supaya lolos seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Bekerja untuk memenuhi nafkah hidup. Sanksi hukum yang tegas bagi pelanggar hukum  bukan hanya supaya  supaya jera, tapi orang lain kalau melanggar  sama akan dikenakan sanksi  yang sama

Tindakan rasional berorientasi pada nilai : Tindakan ini pelaku tidak lagi mempersalahkan tujuan dan tindakan , yang menjadi persoalan dan perhitungan pelaku adalah hanya cara.
Contoh : Seorang atlit berlatih terus karena ingin menjadi Juara, Seorang lulusan SMA giat belajar karena ingin lulus UMPTN dan sebagainya.

Tindakan Afektif yaitu tindakan yang dibuat-buat yang didasari oleh perasaan atau emosi  dan kepura-puraan  seseorang
Contoh : seseorang diminta melakukan pekerjaan karena ingin mendapat pujian  serta merta menyanggupinya tanpa mengukur kemampuannya.

Tindakan tradisional : yaitu tindakan yang didasarkan atas kebiasaan  atau tradisi orang terdahhulu.
Contoh : seorang pedagang untuk menjaga uang hasil dagangannya  disimpan bersama bawang merah, bawang putih  dan kemenyan


Sumber : http://ssyarof.blogspot.com
Baca selengkapnya »

BENTUK-BENTUK MOBILITAS SOSIAL


1. Mobilitas vertikal
Mobilitas Vertika : adalah perpindahan status sosial yang dialami seseorang atau sekelompok orang pada lapisan sosial yang berbeda. Mobilitas vertikal mempunyai dua bentuk yang utama :

Mobilitas vertikal naik
Mobilitas vertikal turun

A. Mobilitas vertical naik (Sosial Climbing) Sosial climbing adalah mobilitas yang terjadi karena adanya peningkatan status atau kedudukan seseorang
Sosial climbing memiliki dua bentuk, yaitu :

Naiknya orang-orang berstatus sosial rendah ke status sosial yang lebih tinggi, dimana status itu telah tersedia. Contoh: A adalah seorang guru sejarah di salah satu SMA. Karena memenuhi persyaratan, ia diangkat menjadi kepala sekolah.

Terbentuknya suatu kelompok baru yang lebih tinggi dari pada lapisan sosial yang sudah ada. Contoh: Pembentukan organisasi baru memungkinkan seseorang untuk menjadi ketua dari organisasi baru tersebut, sehingga status sosialnya naik.

Adapun penyebab sosial climbing adalah sebagai berikut :
Melakukan peningkatan prestasi kerja
Menggantikan kedudukan yang kosong akibat adanya proses peralihan generasi

B. Mobilitas vertikal turun (Social sinking) Sosial sinking merupakan proses penurunan status atau kedudukan seseorang. Proses sosial sinking sering kali menimbulkan gejolak psikis bagi seseorang karena ada perubahan pada hak dan kewajibannya.

Social sinking dibedakan menjadi dua bentuk :
Turun nya kedudukan seseorang ke kedudukan lebih rendah. Contoh: seorang prajurit dipecat karena melakukan tidakan pelanggaran berat ketika melaksanakan tugasnya.
Tidak dihargainya lagi suatu kedudukan sebagai lapisan sosial. Contoh Tim Juventus terdegradasi ke seri B.

Penyebab sosial sinking adalah sebagai berikut.:
 Berhalangan tetap atau sementara.
 Memasuki masa pensiun.
 Berbuat kesalahan fatal yang menyebabkan diturunkan atau di pecat dari jabatannya.

2. Mobilitas horizontal
Mobilitas Horizontal adalah perpindahan status sosial seseorang atau sekelompok orang dalam lapisan sosial yang sama. Dengan kata lain mobilitas horisontal merupakan peralihan individu atau obyek-obyek sosial lainnya dari suatu kelompok sosial ke kelompok sosial lainnya yang sederajat.

Ciri utama mobilitas horizontal adalah tidak terjadi perubahan dalam derajat kedudukan seseorang dalam mobilitas sosialnya.
Contoh: Pak Amir seorang warga negara Amerika Serikat, mengganti kewarganegaraannya dengan kewarganegaraan Indonesia, dalam hal ini mobilitas sosial Pak Amir disebut dengan Mobilitas sosial horizontal karena gerak sosial yang dilakukan Pak Amir tidak merubah status sosialnya.

Mobilitas sosial horizontal dibedakan dua bentuk :
Mobilitas sosial antar wilayah/ geografis Gerak sosial ini adalah perpindahan individu atau kelompok dari satu daerah ke daerah lain seperti transmigrasi, urbanisasi, dan migrasi.Cara untuk melakukan mobilitas sosial

Mobilitas antargenerasi Mobilitas antargenerasi secara umum berarti mobilitas dua generasi atau lebih, misalnya generasi ayah-ibu, generasi anak, generasi cucu, dan seterusnya. Mobilitas ini ditandai dengan perkembangan taraf hidup, baik naik atau turun dalam suatu generasi. Penekanannya bukan pada perkembangan keturunan itu sendiri, melainkan pada perpindahan status sosial suatu generasi ke generasi lainnya. Contoh: Pak Parjo adalah seorang tukang becak. Ia hanya menamatkan pendidikannya hingga sekolah dasar, tetapi ia berhasil mendidik anaknya menjadi seorang pengacara. Contoh ini menunjukkan telah terjadi mobilitas vertikal antargenerasi.

Mobilitas antargenerasi dibedakan menjadi dua, yaitu mobilitas intragenerasi dan mobilitas intergenerasi.
Mobilitas intragenerasi adalah  mobilitas yang dialami oleh seseorang atau sekelompok orang dalam satu generasi yang sama. Contoh: Pak Darjo awalnya adalah seorang buruh. Namun, karena ketekunannya dalam bekerja dan mungkin juga keberuntungan, ia kemudian memiliki unit usaha sendiri yang akhirnya semakin besar. Contoh lain, Pak Bagyo memiliki dua orang anak, yang pertama bernama Endra bekerja sebagai tukang becak, dan Anak ke-2, bernama Ricky, yang pada awalnya juga sebagai tukang becak. Namun, Ricky lebih beruntung daripada kakaknya, karena ia dapat mengubah statusnya dari tukang becak menjadi seorang pengusaha. Sementara Endra tetap menjadi tukang becak. Perbedaan status sosial antara Endra dengan adiknya ini juga dapat disebut sebagai mobilitas intragenerasi.

Mobilitas Intergenerasi adalah perpindahan status atau kedudukan yang terjadi diantara beberapa generasi.
Mobilitas intergenerasi dibedakan menjadi dua yaitu:
Mobilitas intergenerasi naik
Mobilitas intergenerasi turun Contoh : Kakeknya seorang bupati, bapaknya seorang camat dan anaknya sebagai kepala desa.(intergenerasi turun)


Sumber : http://ssyarof.blogspot.com
Baca selengkapnya »

TERBENTUKNYA NORMA SOSIAL


Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa melakukan hubungan dan bekerja sama dengan manusia lainnya di masyarakat. Agar kerja sama antarsesama manusia dapat berlangsung dengan baik, lancar, dan dapat optimal, manusia membutuhkan suasana dan kondisi yang tertib dan teratur. Dalam hal ini manusia membutuhkan aturan, tata pergaulan, sehingga mereka dapat hidup dalam suasana yang harmonis. Uraian tersebut menunjukkan arti pentingnya norma-norma sosial dalam kehidupan masyarakat. Dengan demikian, ada hubungan antara interaksi sosial dengan norma sosial. Di manakah letak hubungannya?

Norma lahir karena adanya interaksi sosial dalam masyarakat. Masyarakat yang berinteraksi membutuhkan aturan main, tata pergaulan yang dapat mengatur mereka untuk mencapai suasana yang diharapkan, yaitu tertib dan teratur. Untuk mencapainya, maka dibentuklah norma sebagai pedoman yang dapat digunakan untuk mengatur pola perilaku dan tata kelakuan yang akhirnya disepakati bersama oleh anggota kelompok masyarakat tersebut.


Sumber : http://ssyarof.blogspot.com/2012/03/terbentuknya-norma-sosial.html#ixzz2DmyIv7fc
Baca selengkapnya »

SEKILAS TENTANG SOSIOLOGI


Istilah Sosiologi sebagai cabang Ilmu Sosial dicetuskan pertama kali oleh ilmuwan Perancis, bernama August Comte tahun 1842 dan kemudian dikenal sebagai Bapak Sosiologi. Sosiologi berasal dari bahasa Latin yaitu Socius yang berarti kawan / teman, sedangkan Logos berarti ilmu pengetahuan. Ungkapan ini dipublikasikan pertama kalinya dalam buku yang berjudul "Cours De Philosophie Positive" karangan August Comte (1798-1857). Umumnya sosiologi dikenal sebagai ilmu pengetahuan tentang masyarakat. Sosiologi hendak mempelajari masyarakat, perilaku masyarakat, dan perilaku sosial manusia dengan mengamati perilaku kelompok yang dibangunnya. Kelompok tersebut mencakup keluarga, suku bangsa, negara, dan berbagai organisasi politik, ekonomi, sosial. Sebagai sebuah ilmu, sosiologi merupakan pengetahuan kemasyarakatan yang tersusun dari hasil-hasil pemikiran ilmiah dan dapat di kontrol secara kritis oleh orang lain atau umum.

Sosiologi sebagai ilmu yang mempelajari tentang masyarakat, lahir di Eropa, karena ilmuwan Eropa pada abad ke-19 mulai menyadari perlunya secara khusus mempelajari kondisi dan perubahan sosial. Para ilmuwan itu kemudian berupaya membangun suatu teori sosial berdasarkan ciri-ciri hakiki masyarakat pada tiap tahap peradaban manusia. Sejumlah ilmuwan besar di bidang sosiologi, yang semuanya berasal dari Eropa berjasa besar menyumbangkan beragam pendekatan mempelajari masyarakat yang amat berguna untuk perkembangan Sosiologi. Beberapa ilmuwan tersebut diantaranya adalah Émile Durkheim, seorang ilmuwan sosial Perancis yang berhasil melembagakan Sosiologi sebagai disiplin akademis dan memperkenalkan pendekatan fungsionalisme yang berupaya menelusuri fungsi berbagai elemen sosial sebagai pengikat sekaligus pemelihara keteraturan sosial. Lalu pada tahun 1876, di Inggris, Herbert Spencer mempublikasikan Sosiology dan memperkenalkan pendekatan analogi organik, yang memahami masyarakat seperti tubuh manusia, sebagai suatu organisasi yang terdiri atas bagian-bagian yang tergantung satu sama lain. Kemudian Karl Marx, memperkenalkan pendekatan materialisme dialektis, yang menganggap konflik antar-kelas sosial menjadi intisari perubahan dan perkembangan masyarakat. Selanjutnya Max Weber memperkenalkan pendekatan verstehen (pemahaman), yang berupaya menelusuri nilai, kepercayaan, tujuan, dan sikap yang menjadi penuntun perilaku manusia.

Berkembangnya ilmu pengetahuan sekitar abad ke-17 M, turut berpengaruh terhadap pandangan mengenai perubahan masyarakat dan berkembangnya ilmu sosiologi, karena ciri-ciri ilmiah mulai tampak di abad ini. Para ahli di zaman itu berpendapat bahwa pandangan mengenai perubahan masyarakat harus berpedoman pada akal budi manusia. Perubahan-perubahan besar di abad ke-17, terus berkembang secara revolusioner sapanjang abad ke-18 M. Dengan cepat struktur masyarakat lama berganti dengan struktur yang lebih baru. Adanya revolusi politik yang terjadi di Eropa, yang diawali dengan Revolusi Perancis pada tahun 1789, kemudian revolusi industri dan kemunculan kapitalisme yang ditandai dengan berubahnya corak produksi negara-negara Eropa yang semula bertumpu pada sektor pertanian berubah pada sektor industri, munculnya sosialisme yang mencita-citakan tatanan masyarakat baru melalui revolusi sosial, munculnya revolusi feminism, yang merupakan gerakan perempuan yang menuntut adanya persamaan hak, terjadi urbanisasi, serta bertumbuhnya perubahan keagamaan, membuat  pengaruhnya bergejolak di seluruh dunia. Para ilmuwan tergugah, mereka mulai menyadari pentingnya menganalisis perubahan dalam masyarakat. Perubahan yang terjadi akibat revolusi benar-benar mencengangkan. Struktur masyarakat yang sudah berlaku ratusan tahun rusak. Bangasawan dan kaum Rohaniwan yang semula bergemilang harta dan kekuasaan, disetarakan haknya dengan rakyat jelata. Raja yang semula berkuasa penuh, kini harus memimpin berdasarkan undang-undang yang di tetapkan. Banyak kerajaan-kerajaan besar di Eropa yang jatuh dan terpecah. Gejolak abad revolusi mulai menggugah para ilmuwan pada pemikiran bahwa perubahan masyarakat harus dapat dianalisis. Mereka telah menyakikan betapa perubahan masyarakat yang besar telah membawa banyak korban berupa perang, kemiskinan, pemberontakan dan kerusuhan. Bencana itu dapat dicegah sekiranya perubahan masyarakat sudah diantisipasi secara dini. Perubahan drastis yang terjadi semasa abad revolusi menguatkan pandangan betapa perlunya penjelasan rasional terhadap perubahan besar dalam masyarakat.

Lalu sekitar abad ke-20, sosiologi modern tumbuh pesat di benua Amerika, tepatnya di Amerika-Serikat dan Kanada. Pada permulaan abad tersebut, gelombang besar imigran berdatangan ke Amerika Utara. Gejala itu berakibat pesatnya pertumbuhan penduduk, munculnya kota-kota industri baru, bertambahnya kriminalitas dan lain lain. Konsekuensi gejolak sosial itu, perubahan besar masyarakat pun tak terelakkan. Perubahan masyarakat itu menggugah para ilmuwan sosial untuk berpikir keras, untuk sampai pada kesadaran bahwa pendekatan sosiologi lama ala Eropa tidak relevan lagi. Mereka berupaya menemukan pendekatan baru yang sesuai dengan kondisi masyarakat pada saat itu. Maka lahirlah sosiologi modern.

Sosiologi di Indonesia sebenarnya telah berkembang sejak zaman dahulu. Walaupun tidak mempelajari sosiologi sebagai ilmu pengetahuan, para pujangga dan tokoh bangsa Indonesia telah banyak memasukkan unsur-unsur sosiologi dalam ajaran-ajaran mereka, contohnya oleh Ki Hadjar Dewantara yang dikenal sebagai peletak dasar pendidikan nasional Indonesia banyak  mempraktikkan konsep- konsep penting sosiologi seperti kepemimpinan dan kekeluargaan dalam proses pendidikan di Taman Siswa yang didirikannya. Sosiologi di Indonesia pada awalnya, yakni sebelum Perang Dunia II hanya dianggap sebagai ilmu pembantu bagi ilmu-ilmu pengetahuan lainnya atau sosiologi belum dianggap cukup penting untuk dipelajari dan digunakan sebagai ilmu pengetahuan, yang terlepas dari ilmu-ilmu pengetahuan lainnya.

Setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, sosiologi di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Soenario Kolopaking, seorang dosen ilmu hokum, adalahoang pertama yang  memberikan kuliah sosiologi dalam bahasa Indonesia pada tahun 1948 di Akademi Ilmu Politik Yogyakarta (sekarang menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UGM). Sosiologi mulai mendapat tempat dalam insan akademisi di Indonesia, apalagi setelah semakin terbukanya kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk menuntut ilmu di luar negeri sejak tahun 1950. Banyak para pelajar Indonesia yang khusus memperdalam sosiologi di luar negeri, kemudian mengajarkan ilmu itu di Indonesia. Buku sosiologi bahasa Indonesia pertama kali diterbitkan oleh Djody Gondokusumo dengan judul Sosiologi Indonesia, yang memuat beberapa pengertian mendasar dari sosiologi. Selanjutnya bermunculan buku-buku sosiologi, baik yang tulis oleh orang Indonesia maupun yang merupakan terjemahan dari bahasa asing. Lalu yang tidak kalah pentingnya, tulisan-tulisan tentang masalah-masalah sosiologi yang bermunculan dan tersebar di berbagai majalah, koran, dan jurnal. Selain itu, muncul pula fakultas ilmu sosial dan politik di berbagai universitas di Indonesia, yang mana sosiologi mulai dipelajari secara lebih mendalam. Bahkan pada beberapa universitas, didirikan jurusan sosiologi yang diharapkan dapat mempercepat dan memperluas perkembangan sosiologi di Indonesia.


Sumber : http://ssyarof.blogspot.com/2012/
Baca selengkapnya »

FERDINAND TONNIES (BIOGRAFI)




Biografi Ferdinand Tonnies
Ferdinand Tonnies lahir pada tahun 1855 dan wafat pada tahun 1936. Ia merupakan salah seorang sosiolog Jerman yang turut membangun institusi terbesar yang sangat berperan dalam sosiologi Jerman. Dan ia jugalah yang melatarbelakangi berdirinya German Sosiological Association ( 1909, bersama dengan George Simmel, Max Webber, Werner Sombart, dan lainnya )

Ferdinand Tonnies memiliki berbagai karya diantaranya Gemeinschaft und Gesellschaft (yang dipublikasikan pertamakali pada tahun 1887) yang selanjutnya diedit dan di alihbahasakan kedalam bahasa Inggris menjadi Community and Society (1957) oleh Charles P. Loomis, karyanya yang lain yang berupa essai-essai tentang sosiologi terdapat di dalam bukunya Einfuhrung in die Soziologie (An Introduction to Sociology).

Diakhir usianya Tonnies adalah seorang yang aktif menentang gerakan NAZI di Jerman dan seringkali ia diundang menjadi Professor tamu di University of Kiel, setelah hampir masa hidupnya ia gunakan untuk melakukan penelitian, menulis, dan mengedit karya para sosiolog dimasanya.


Sumber : http://ssyarof.blogspot.com
Baca selengkapnya »

CIRI CIRI PENDIDIKAN FORMAL, INFORMAL DAN NON FORMAL


• Pendidikan Formal:

– Dibagi atas jenjang dg hirarkhis
– Peserta homogen
– Waktu lama
– Materi lebih akademis dan hal-hal umum
– Berlangsung formal
– Ijazah penting

• Pendidikan Informal:
– Berlangsung sepanjang masa (live long)
– Paling wajar
– Tidak secara khusus di sekolah
– Tidak diprogram atau waktu tidak tertentu
– Metode tidak formal

• Pendidikan non formal:
– Ada waktu belajar tertentu
– Metode lebih formal
– Di luar gedung sekolah formal
– Ada evaluasi yang sistematik
– Materi bersifat praktis/khusus
– Usia peserta tidak perlu seragam, dll


Sumber : http://ssyarof.blogspot.com
Baca selengkapnya »

MACAM-MACAM NORMA DALAM MASYARAKAT


1. Norma kesopanan
Contoh :
- tidak meludah sembarangan
- tidak meletakkan kaki di atas meja.
- tidak berkata kasar pada guru

2. Norma kesusilaan
Contoh :
- tidak boleh menggoda wanita
- suami istri tidak bermesraan di tempat umum


3. Norma agama
Contoh : mendirikan shalat
- Fungsi norma agama bagi kehidupan masyarakat : menjaga solidaritas masyarakat beragama

4. Norma kebiasaan
Contoh : bersalaman ketika bertemu

5. Norma hukum
Contoh : warga masyarakat yang sudah berusia 17 tahun wajib memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk).

Sumber : http://ssyarof.blogspot.com
Baca selengkapnya »

PENGERTIAN NILAI SOSIAL


Nilai sosial adalah segala sesuatu yang dianggap berharga oleh masyarakat. Anggapan masyarakat tentang sesuatu yang diharapkan, indah, dan benar - keberadaan nilai bersifat abstrak dan ideal.


Bentuk-bentuk nilai :
1. Pemikiran 
2. Perilaku
3. Benda 



Contoh nilai sosial dalam masyarakat Indonesia :
- masyarakat Indonesia sangat menjunjung tinggi nilai keramahan, sehingga bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang ramah.
- masyarakat Indonesia menjunjung tinggi nilai kepedulian sosial, sehingga ketika ada musibah di suatu daerah, bantuan dari berbagai daerah segera datang.

Contoh nilai di sekolah:
- sekolah menjunjung tinggi nilai disiplin waktu, sehingga ketika ada siswa yang terlambat, diberikan sanksi.

Contoh nilai dalam bisnis:
- kemudahan transaksi merupakan sesuatu yang dianggap penting untuk memperlancar urusan bisnis

Ciri-ciri nilai sosial:
1. Merupakan konstruksi masyarakat sebagai hasil interaksi antarwarga masyarakat.
2. Disebarkan diantara warga masyarakat.
3. Terbentuk melalui sosialisasi (proses belajar).
4. Merupakan bagian dari usaha pemenuhan kebutuhan dan kepuasan sosial manusia.
5. Dapat mempengaruhi perkembangan diri seseorang.
6. Memiliki pengaruh yang berbeda antarwarga masyarakat.
7. Cenderung berkaitan satu sama lain dan membentuk sistem nilai.

Fungsi nilai sosial bagi kehidupan manusia:
1. Dapat menyumbangkan seperangkat alat untuk menetapkan "harga" sosial dari suatu kelompok.
2. Dapat mengarahkan masyarakat dalam berpikir dan bertingkah laku.
3. Sebagai penentu terakhir manusia dalam memenuhi peranan-peranan sosial. Nilai sosial dapat memotivasi seseorang untuk mewujudkan harapan sesuai dengan peranannya.
4. Sebagai alat solidaritas di kalangan anggota kelompok.
5. Sebagai alat pengawas perilaku manusia.

- Memberikan harapan yang baik, sikap mandiri, dan bertanggungjawab
- Mengarahkan cara berperasaan, berpikir, berkehendak, dan bertindak

Jenis-jenis nilai menurut Prof. Dr. Notonegoro :
1. Nilai material : nilai yang berguna bagi jasmani manusia.
Contoh nilai material :
- makanan
- minuman
- pakaian

2. Nilai kerohanian : nilai yang berguna bagi rohani manusia.
Contoh nilai kerohanian :
- berdzikir, mengingat Allah
- membaca Al Qur'an
- sholat

3. Nilai vital : nilai yang berguna bagi manusia dalam melaksanakan aktivitas.
Contoh nilai vital :
- kalkulator bagi bendahara kelas
- buku paket bagi siswa saat belajar
- motor bagi tukang ojek

Nilai dominan : nilai yang dianggap lebih penting dibandingkan nilai lainnya.
Contoh :
- bagi umat Islam mengerjakan ibadah wajib lebih tinggi kedudukannya dari mengerjakan ibadah sunnah
- menghormati orang tua lebih utama dari menghormati orang lain

Nilai yang mendarah daging (internalized value) : nilai yang telah menjadi kepribadian. 
Biasanya nilai ini telah tersosialisasi sejak seorang masih kecil dan apabila ia tidak melakukannya ia akan merasa bersalah.
Contoh :
- makan dengan tangan kanan
- berpamitan kepada orang tua bila bepergian

Macam-macam nilai berdasarkan wujudnya:
1. Nilai immaterial: tidak berwujud.
    Sulit untuk berubah.
    Contoh: ideologi, gagasan (ide), pemikiran dan sistem politik, dan peraturan-peraturan.
2. Nilai material: berwujud.
    Mudah untuk berubah.
    Contoh: karya seni, gedung, jembatan, rumah, dan pakaian.

Nilai etika : nilai tentang apa yang baik dan apa yang buruk.
Contoh :
Bertutur kata baik dan tidak marah meskipun berhadapan dengan orang yang kasar.


Sumber : http://ssyarof.blogspot.com
Baca selengkapnya »

Jumat, 30 November 2012

Bersihin Super Kips Kawasaki Ninja150RR dan R, Pakai Cutter Lebih Bersih


Super KIPS (Kawasaki Integrated Powervalve System) berfungsi sebagai tutup-buka sebagian lubang exhaust. Membuka ketika putaran mesin 7.000 rpm dan menutup di bawah 7.000 rpm. Agar enggak mudah aus karena gesekan, Kawasaki memberikan pelumasan berupa oli.

Baca selengkapnya »

5 LANGKAH MUDAH SERVIS MOTOR SENDIRI


OTOMOTIFNET - Musim liburan kenapa enggak meluangkan waktu untuk digunakan menservis motor sendiri di rumah. Tenang... gak usah khawatir bakal ribet. Karena dengan mengikuti 5 langkah praktis di bawah ini, dijamin enggak bakal merepotkan.
Apalagi tunggangan akan selalu sehat. Itung-itung, sekalian belajar nyerpis motor sendiri kan. Yuk, kita praktekkan!

1. FILTER UDARA
Karena fungsinya menyaring udara yang masuk ke karburator, dalam jangka waktu tertentu perangkat ini bisa kotor tertutup debu. Bila itu sudah terjadi, untuk filter yang model sponge atau kertas bisa langsung dibersihkan.

Namun filter jenis viscos element (Honda Vario, Beat dan Yamaha Mio), harus diganti.

Baca selengkapnya »

HARGA GANTI SEHER ATAU PISTON MOTOR NINJA RR 150CC


Ternyata tidak seperti yang saya bayangkan. Perawatan motor kawasaki ninja sedikit sulit di bandingkan dengan jenis motor branded untuk kelas motor besar. Namun memang jika di lihat dari design bentuk maupun display sangatlah rumit baik mesin  maupun body.untuk kecepatan jenis motor dua tak ini sudah tidak perlu di Tanya lagi, karna sudah famous di semua daerah mungkin sudah ada khususnya para remaja yang menyukai jenis motor sport. Awalnya saya tidak mau mengganti seher tetapi karna suara motor yang sudah mulai tidak nyaman tidak menutup kemungkinan jika di biarkan akan merusak mesin.

Beberapa hari yang lalu untuk perawatan ganti seher dll di kenai budget Rp.544.000 dengan rincian sebagai berikut:

Baca selengkapnya »

HONDA BEAT CUSTOM CHASSIS FRAME

Motor Drag Honda BeAt Modified by Tomo Speed Shop and Driven by Syaiful Cibef, M. Ramzi and Imam Ceper. success on the podium 1, 2 and 3 classes matic to 150 cc. It happened on the mat YSS DID Drag Bike TDR 2011 series 2 on the circuit Lanud Juanda, Surabaya.

Motor Drag Honda BeAT Custom Chassis .This Honda BeAt Willing to deal with classmates who skubek frame construction is almost like aluminum and titanium. Moreover, the standard framework Honda BeAt only 2 kilogram heavier when compared to alteration. Because the framework of the center to the back of the iron pipe is replaced, is also more flat though good for a jockey / driver. HONDA BEAT order just Cutting the tail and is still too high.
Tomo Experience in the arena Balap Motor Drag or straight racing Drag Bikes Race has given him the lessons and new experiences. He said, it all depends on engine settings, the weight of jockeys and their expertise full throtle starting time of gas. setting the engine torque prefers the middle to the top. This view of three jockeys/driver who weighs an average of no more than 39 kg.

Baca selengkapnya »

INILAH 10 AKUN TWITTER PERTAMA DI INDONESIA


Berikut 10 orang pertama tersebut:


1. Chris Prakoso dengan akun @mahadewa, bergabung sejak 26 Juli 2006

2. Reza Fabyan dengan akun @Reza, bergabung sejak 27 Juli 2006

3. Viking Karwur dengan akun @vikingkarwur, bergabung sejak 21 September 2006

4. Boy Avianto dengan akun @avianto, bergabung sejak 26 Oktober 2006

5. Ryan Koesuma dengan akun @koesuma, bergabung sejak 7 November 2006

6. Richard Andrew G dengan akun @chaard, bergabung sejak 8 November 2006

7. Thomas Arie Setiawan dengan akun @thomasarie, bergabung sejak 10 November 2006

8. Enda Nasution dengan akun @enda, bergabung sejak 13 November 2006

9. Satya Witoelar dengan akun @satya, bergabung sejak 13 November 2006

10. Nita Yuanita dengan akun @nitayuanita, bergabung sejak 13 November 2006.

sumb3r


Sumber
Baca selengkapnya »

Rabu, 28 November 2012

10 BUKTI BETAPA MENAKUTKANNYA PARA HACK3R


Para hacker gentayangan di mana-mana. Mereka menyerang apa aja dan siapa aja mulai industri film, perusahaan telepon, sampai NASA. Berikut adalah 10 bukti kehebatan para hacker dari seluruh dunia.

Baca selengkapnya »

DAFTAR 10 BLOG TERBAIK INDONESIA

1. Jevuska.com
 jumlah pengunjung terlihat berkisaran 60k/hari dengan pageview 132k.

Jevuska adalah blogger paling berpengaruh di indonesia,pantas kalau jevuska.com menjadi no.1  blog terbaik Indonesia.

Baca selengkapnya »

SEJARAH


SEJARAH AGAMA ISLAM DI INDONESIA  


Sejarah mencatat bahwa kaum pedagang memegang peranan penting dalam persebaran agama dan kebudayaan Islam. Letak Indonesia yang strategis menyebabkan timbulnya bandarbandar perdagangan yang turut membantu mempercepat persebaran tersebut. Di samping itu, cara lain yang turut berperan ialah melalui dakwah yang dilakukan para mubaligh.

a. Peranan Kaum Pedagang

Seperti halnya penyebaran agama Hindu-Buddha, kaum pedagang memegang peranan penting dalam proses penyebaran agama Islam, baik pedagang dari luar Indonesia maupun para pedagang Indonesia.
Baca selengkapnya »

MOTOR DRAG

.: RUMAH UNTUK SEMUA RIDER

Kita adalah anak-anak ditengah sejarah. Tanpa tujuan atau tempat tinggal. Tak ada peperangan hebat untuk 
                          diperjuangkan. Tidak ada tekanan mental berat. Peperangan besar kita adalah perang spiritual. Deperesi terbesar kita adalah menjalani hidup itu sendiri. Tanpa kita sadari, ternyata kita semua telah ditumbuh besarkan oleh Televisi agar percaya pada suatu hari nanti kita semua akan menjadi Millioner, Artis Terkenal atau Rockstar. Tapi tidak! Dan perlahan kita belajar pada kenyataan. Dan kita amat-sangat marah, namun tidak kecewa…

Baca selengkapnya »

STM YUPPENTEK 4 CILEDUG











Baca selengkapnya »

BLOGGER YANG GA PERNAH KENAL WAKTU


ini lah blogger yang tidak pernah kenal waktu 





Baca selengkapnya »

LIBURAN PANJANG

fhotografi














Baca selengkapnya »

Minggu, 25 November 2012

Apa Itu Abu Rizal Ababil


Baca selengkapnya »
abu rizal ababil. Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © ABU RIZAL blog 2010

Abu Rizal Blog