pencarian cepat

Sabtu, 01 Desember 2012

SYARAT TERJADINYA INTERAKSI SOSIAL


Kontak sosial yaittu hubungan sosial antara individu satu dengan individu lain yang bersifat langsungn; seperti dengan sentuhan, percakapan maupun tatap muka.

Komunikasi yaitu proses penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain yang dilakukan secara langsung  maupun dengan alat  bantu agar yang lain membeikan tanggapan atau tanggapan tertentu
Tindakan sosial yaitu upaya manusia  secara individu untuk mempertahankan  dan mengembangkan  hidupnya..
Bedasarkankan tekanan dari cara  dan tujuannya  tindakan itu dilakukan : dibagi menjadi :

Tindakan rasional instrumental yaitu tindakan yang dilakukan dengan memperhitungkan keserasian antara cara  dan tujuan.
Contoh : memilih program jurusan di SLA  dengan mempertimbangkan bakat dan minat  dan cita-cita, tindakan  rajin belajar supaya lolos seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Bekerja untuk memenuhi nafkah hidup. Sanksi hukum yang tegas bagi pelanggar hukum  bukan hanya supaya  supaya jera, tapi orang lain kalau melanggar  sama akan dikenakan sanksi  yang sama

Tindakan rasional berorientasi pada nilai : Tindakan ini pelaku tidak lagi mempersalahkan tujuan dan tindakan , yang menjadi persoalan dan perhitungan pelaku adalah hanya cara.
Contoh : Seorang atlit berlatih terus karena ingin menjadi Juara, Seorang lulusan SMA giat belajar karena ingin lulus UMPTN dan sebagainya.

Tindakan Afektif yaitu tindakan yang dibuat-buat yang didasari oleh perasaan atau emosi  dan kepura-puraan  seseorang
Contoh : seseorang diminta melakukan pekerjaan karena ingin mendapat pujian  serta merta menyanggupinya tanpa mengukur kemampuannya.

Tindakan tradisional : yaitu tindakan yang didasarkan atas kebiasaan  atau tradisi orang terdahhulu.
Contoh : seorang pedagang untuk menjaga uang hasil dagangannya  disimpan bersama bawang merah, bawang putih  dan kemenyan


Sumber : http://ssyarof.blogspot.com
Baca selengkapnya »
abu rizal ababil. Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © ABU RIZAL blog 2010

Abu Rizal Blog