pencarian cepat

Selasa, 04 Desember 2012

6 Tips Atasi Rasa Takut Naik Pesawat Akibat Fobia Ketinggian



ACROPHOBIA merupakan istilah untuk ketakutan berlebih terhadap ketinggian. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh trauma, seperti pernah terjatuh dari tempat-tempat tinggi. Para pengidap fobia ketinggian tidak mampu berada di gedung bertingkat atau bahkan menumpang pesawat saat bepergian.

Di musim liburan seperti ini, bervakansi ke luar kota atau luar negeri rasanya menyenangkan. Tentunya akan lebih praktis jika menggunakan pesawat sebagai moda transportasi.

Apa yang harus dipersiapkan para pengidap fobia ketinggian sebelum bepergian dengan pesawat?


1. Persiapkan dengan matang

Siapkan barang bawaan Anda beberapa hari sebelum keberangkatan. Pastikan semua kebutuhan Anda telah disimpan dalam tas atau koper agar Anda tidak panik menjelang waktunya berangkat.

2. Makan

Jaga kadar gula darah agar tetap tinggi sebelum bepergian. Tekanan udara di pesawat dapat berpengaruh terhadap kadar gula darah, terlebih pada perjalanan jarak jauh yang memakan waktu berjam-jam. Saat Anda merasa panik dan gelisah, kadar gula darah dalam tubuh juga akan menurun, sehingga Anda akan merasa lemas. Untuk itu, makanlah sebelum pergi ke bandara.

3. Tiba di bandara lebih awal

Panik dapat memicu rasa takut menjadi lebih besar. Untuk itu, pastikan Anda sudah tiba di bandara setidaknya 2 jam sebelum keberangkatan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, seperti ketinggalan pesawat.

4. Tenang dan rileks

Sebelum memasuki pesawat, lakukan kegiatan yang dapat membuat Anda rileks, seperti mendengarkan musik favorit, membaca buku, atau mengobrol.

5. Tidur

Saat pesawat telah lepas landas, cobalah untuk tidur. Awalnya Anda mungkin masih merasa ketakutan, terlebih jika pesawat mengalami guncangan. Namun jika Anda terus memejamkan mata dan berusaha untuk rileks, Anda pun dapat tertidur dengan pulas.

6. Berpikir positif

Poin yang satu ini tidak hanya ditujukan bagi para pengidap fobia ketinggian, namun juga bagi Anda yang enggan menaiki pesawat karena banyaknya insiden kecelakaan atau pembajakan oleh teroris. Cobalah untuk berpikir positif, banyak berdoa, dan tetap tenang selama berada di dalam pesawat. Rasa takut, sekecil apapun, akan berkembang menjadi besar jika Anda menanggapinya secara berlebih.

Baca selengkapnya »
abu rizal ababil. Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © ABU RIZAL blog 2010

Abu Rizal Blog